GKI Peterongan

Misi di Era Milenial

“Suara mereka sampai ke seluruh dunia,
dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi.” (Roma 10:18b)

Dapatkah Saudara bayangkan bagaimana mewujudkan pernyataan di atas pada masa 2000 tahun silam? Mungkin pengikut Kristus pada saat itu merasa pernyataan tersebut mustahil terpenuhi. Dengan cara apa menyebarkan firman Tuhan sampai ke ujung bumi?? Sedangkan kondisi saat itu serba terbatas. Namun demikian mereka tidak berfokus pada kemungkinan kemustahilan itu, melainkan terus berupaya sekuat tenaga untuk – setidaknya – menyebarkan firman Tuhan ke sebanyak mungkin tempat. Karena bukankah Yesus juga telah memerintahkan sekaligus menjanjikan bahwa mereka akan menjadi saksi-Nya di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi (Kisah 1:8).

Kini 2000 tahun telah berlalu. Kehidupan menjadi serba modern dengan berbagai kemajuan teknologinya. Menariknya, kemajuan yang paling kentara dan yang digunakan hampir seluruh manusia di muka bumi adalah teknologi komunikasi. Teknologi ini memampukan manusia membangun jejaring dengan mudah sehingga berita apapun dapat disampaikan dengan sangat cepat ke berbagai belahan dunia……. termasuk, berita tentang Sang Pencipta, tentang anugerah keselamatan, tentang cintanya Tuhan. Itu artinya, firman dalam Roma 10:18b tak lagi terlihat mustahil, bahkan telah tergenapi. Para murid Kristus dapat dengan lebih mudah dan cepat menyampaikan suaranya ke seluruh dunia, sampai ke ujung bumi.

Inilah era milenial……era penuh anugerah! Misi yang telah dimulai pada masa yang lampau harus terus dilanjutkan pada era milenial ini, sebab manusia di segala zaman membutuhkan kasih Kristus. Murid Kristus dari berbagai generasi yang hidup pada era ini mesti kreatif untuk menyebarkan berita kasih-Nya. Gunakanlah youtube, facebook, instagram, google, whatsapp, dan aplikasi digital lainnya dalam menjalankan misi dari Kristus. Jangan biarkan dunia kita baik nyata maupun maya dipenuhi dengan hal-hal yang kotor; omongan kasar, video porno, permainan sadis, dsb. Tunjukkanlah perkataan-perkataan yang membangun, video yang menyentuh, permainan yang mendidik, dsb. Perkenalkanlah Kristus melalui sarana-sarana yang ada, maka misi akan dapat terus dijalankan dari masa ke masa. Tuhan memampukan kita.  (RKG)   

Pdt. Em. Andreas Gunawan

Pdt. Em. Andreas Gunawan