GKI Peterongan

Anugerah Dalam Ketaatan

Ketaatan itu menjalankan apa yang diperintahkan, mematuhi apa yang dituntut, atau menjauhkan diri dari apa yang dilarang.
Ketaatan itu  mendengar Firman Tuhan, memperhatikan Perintah Tuhan dan tunduk kepada Tuhan yang punya Otoritas.
Iman harus diwujudkan dalam ketaatan, Ketaatan pada apa yang telah didengar, tunduk kepada perintah Tuhan. Tidak ada cara lain untuk menyatakan diri kita ini adalah Umat Tuhan kalau tidak dengan Ketaatan.
Allah mengingatkan Salomo agar tidak menyimpang dari jalan Allah, jangan melupakan
apa yg dikatakan Daud bahwa Salomo harus berhati-hati dengan perilakunya, harus dengan segenap hati dan akal budinya tulus di hadapan Allah
 Firman Tuhan mengajak kita agar mewaspadai Kemunduran spiritual , dan kemunduran spiritual bisa  terjadi secara perlahan, melewati sebuah  proses, karena tekanan dan permasalahan hidup membuat iman kita kendor dan kita mulai tidak taat pada kehendak Tuhan.
Allah melihat beberapa masalah yang timbul di dalam kehidupan Salomo, oleh sebab itu Allah mengirim peringatan yang sangat serius. Allah ingin agar Salomo hidup dalam Ketaatan.
Satu hal yang seringkali membuat kita gagal untuk hidup dalam ketaatan adalah karena apa yang kita lakukan selalu menuruti keinginan hati dan pikiran diri sendiri.
Anugerah Tuhan bagi yg hidup dalam Ketaatan:
“dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturanKu, maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu atas Israel untuk selama-lamanya seperti yang telah Kujanjikan kepada Daud, ayahmu dengan berkata: Keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel”
Berbicara tentang anugerah, Alkitab menyatakan adanya dua jenis Anugerah Allah kepada manusia, pertama yaitu anugerah secara jasmani – Anugerah ini berhubungan dengan hal-hal yang diberikan Allah demi kesinambungan hidup manusia secara jasmani, misalnya: Matahari dan hujan.
Allah secara rohani yaitu pemberian yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat rohani:  Persekutuan dengan Allah (1 Yohanes 1:5-7); Pengharapan (Epesus 2:12) ; Mahkota hayat (Wahyu 2:10) dan keselamatan (Epesus 2:8). (WS)
Janji Tuhan kepada Salomo juga berlaku bagi kita yg hidup dalam ketaatan, Tuhan memberkati saudara saudara , Amin.
Pdt. Em. Wibisono Siswanto

Pdt. Em. Wibisono Siswanto