GKI Peterongan

Kebangkitan Kristus Mengatasi Kecemasan

Manusia mempunyai perasaan, dan ketika ada sesuatu yang mengganggu perasaan kita maka kecemasan bisa timbul. Kecemasan dalam kadar tertentu adalah wajar, Namun kalau kita tidak hati-hati, kecemasan itu bisa menimbulkan masalah bila berlebihan, kecemasan bila kita biarkan terus menerus akan mengganggu diri kita. Dalam tahap normal perasaan cemas mungkin hanya membuat kita tidak betah duduk diam. Bila kecemasan di atas ambang batas normal, kita mungkin akan mulai merasa mulas, keringat dingin, atau gampang tersulut emosi, gak bisa tidur dll. Dalam kondisi paling ekstrim, ada juga orang yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena dihantui perasaan tidak tenang, dan itu sudah berulang kali kita dengar atau lihat.

Di Hari Paskah ini kita diajak utk merenungkan Kuasa Kebangkitan Tuhan dalam konteks hidup kita sehari hari agar Kebangkitan Kristus mengatasi Kecemasan kita.
Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus.

Ada banyak ketakutan yang mereka hadapi ketika mau mengunjugi kubur Yesus, bagaimana mereka akan bertemu dengan penjaga kubur Yesus, siapa yang akan membuka pintu kuburnya dan banyak ketakutan-ketakutan mereka.

Di depan mereka ada batu yang besar, tetapi batu yang besar tidak menghalangi cinta mereka kepada tuhan. Dalam hidup kitapun, seringkali kita menemui batu yang besar yang menghalangi hidup kita yang mungkin sangat sulit untuk kita gulingkan. Mungkin persoalan ekonomi, sakit penyakit yang mebuat kita tidak berdaya, persoalan studi atau pekerjaan, kemarahan, kekecewaan dan banyak persoalan lain.

Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome tidak putus asa dan tetap berjalan dalam iman. Dan merekapun mendapati batu penutup kubur telah terguling, lebih lagi mereka ditemui oleh malaikat yang mengatakan : “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini”

Kuasa kebangkitan Tuhan Yesus mengatasi ketakutan dan kecemasan yg dialami Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome.

Dengan Kuasa Kebangkitan Tuhan Yesus, kitapun akan dimampukan menggulingkan batu kehidupan kita. Dengan Kuasa Kebangkitan Kristus maka kita akan dimampukan mengatasi kecemasan dalam hidup kita. (WS)

“Aku tidak akan membiarkan kecemasan menguasaiku atau mengontrol diriku, aku akan baik baik saja karena kebangkitan-Nya cukup bagiku untuk bangkit bukan hanya menang atas dosa tapi juga menang atas kecemasan “

Pdt. Em. Wibisono Siswanto

Pdt. Em. Wibisono Siswanto