GKI Peterongan

Roh Kudus Pendukung Para Pekerja Pelayanan Kristus

Pada masa krisis di Amerika ada seorang bernama Yates memiliki lahan peternakan di sebelah Barat Texas. Karena krisis itu, ia tak memperoleh cukup uang menjalankan usaha peternakannya. Yates terancam kehilangan miliknya. Keluarganya harus hidup dari subsidi pemerintah. Setiap hari Yates hidup dalam kekuatiran bagaimana melunasi hutang-hutangnya. Lalu sekelompok orang dari perusahan minyak datang dan meminta izin kepada Yates untuk menyelidiki, apakah kemungkinan ada lubang minyak di ladangnya. Setelah menggali 335 meter mereka menemukan sumber minyak yang besar. Sumur pertama menghasilkan 9.600.000 liter tiap hari. Banyak lagi sumber-sumber yang digali dan menghasilkan minyak dua kali lebih banyak dari sumur sebelumnya. Yateslah yang memiliki semuanya itu. Yates seorang multimilioner yang hidup dalam kemiskinan selama bertahun-tahun karena ketidaktahuannya.
‘Dewasa ini banyak orang Kristen yang tidak dapat mengalami kehidupan Kristen yang berkelimpahan, karena mereka tidak mengerti kekayaan terbesar yang Allah sediakan bagi mereka. Akibatnya banyak orang Kristen hidup berdasarkan akal mereka sendiri. Berusaha melakukan apa yang benar tapi kenyataannya mereka menemukan kehidupan Kristen yang tidak mungkin terpenuhi’ tutur Bill Bright. Kehidupan Kristen tidak hanya sulit tetapi mustahil untuk dijalani dengan kekuatan sendiri. Satu-satunya cara agar orang Kristen dapat menjalani dan mengalami kehidupan itu, bila Kristus yang menjalani kehidupan itu melalui hidup orang tersebut.
Melalui kuasa Roh Kuduslah kehidupan Kristus akan menjadi kenyataan dalam diri setiap orang Kristen. Hidup oleh Roh artinya hidup dipimpin oleh Kristus. Petrus sebelum mengerti akan hal itu, ia hidup dalam kekalahan demi kekalahan. Berkali-kali ia berkomitmen mengiring Tuhan bahkan mengatakan rela mati dan masuk penjara bersama Yesus tetapi kenyataannya ia gagal. Tiga kali ia menyangkal Kristus karena dikuasai ketakutan. Namun setelah dikuasai Roh Kudus, ia menjelma menjadi seorang pemberani yang sangat efektif menjadi saksi. Bahkan ia merasa tidak layak disalib seperti Gurunya karena itu ia meminta disalib terbalik.
Henrieta Mears berkata, ‘Keyakinan terbesar timbul dalam diri saya ketika saya menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang perlu saya lakukan untuk menerima kuasa Kristus kecuali menyerahkan diri kepada-Nya, membiarkan-Nya menguasai diri saya’. Sedangkan Billy Graham berkata, ‘Roh Kudus adalah sumber kuasa yang dapat memenuhi kebutuhan kita untuk melepaskan diri dari kelemahan-kelemahan yang mencekam kita’. Inilah rahasia ke-Kristenan yang tak diketahui banyak orang. – PRB

Pieter Randan Bua

Pieter Randan Bua