GKI Peterongan

Pengadilan : Keadilan atau Kepentingan

Seorang hakim dipanggil dengan sebutan : Yang Mulia, karena hakim dipakai Tuhan untuk mengadili dan memutuskan perkara dengan adil dan bijaksana, membedakan benar dan salah. Pengadilan adalah lembaga  hukum tempat orang berperkara dan mencari keadilan.

Hanya ada 2(dua) pengadilan di jagad raya ini : Pengadilam manusia dan Pengadilan Tuhan.

Yesus dituduh menghujat Allah lalu dibawa ke pengadilan manusia. Yesus disandingkan dengan Barabas, seorang pemberontak. Dan rakyat disuruh memilih siapa yang layak dibebaskan. Pilatus melihat Yesus hanya sebatas tokoh agama baru.

Mari kita belajar dari” hakim Pontius Pilatus”. Mungkin kita sebagai orang Kristen mempunyai kemiripan dengan Pilatus : Mengetahui Yesus tetapi tidak percaya, Mengikuti keyakinan orang banyak, Tidak mempunyai prinsip hidup,  Menolak suara Tuhan demi kepentingan pribadi yang lebih besar.

Lee Patrick Strobel,  seorang ateis, sarjana jurnalisme, mendapat promosi sebagai editor hukum di salah satu media terbesar. Dia menjadi Kristen melewati proses yang panjang. Berawal dari anaknya Alison yang tersedak permen dan nyaris tewas namun tertolong oleh seorang wanita perawat yang ada bersamaan di rumah makan. Leslie, istri Lee berkata bahwa kebetulan Ibu perawat ada di sini sehingga anak perempuannya tertolong. Tetapi Alfie, perawat tua itu berkata :” Tidak ada yang kebetulan di dalam Tuhan.Semua karena Yesus. Malam ini aku dan suamiku ingin makan di restoran lain, namun entah mengapa  kami datang ke sini dan ternyata Tuhan mengutus aku” Lee merasa terpukul dengan kata-kata itu. Ia berontak karena merasa ketidak percayaannya terhadap Yesus ditelanjangi dalam peristiwa di rumah makan itu. Tetapi Lee secara diam-diam melakukan penyelidikan ilmiah dan wawancara dengan banyak ahli tentang Yesus dan ke-Kristenan. Dua tahun Lee menyelidiki siapa Yesus ternyata fakta Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat tidak terbantahkan kebenarannya.Akhirnya tahun 1987 mengundurkan diri sebagai jurnalis dan menjadi pendeta pengajar. Kisah hidupnya dibukukan dengan judul: “THE CASE FOR CHRIST, Penyelidikan Tentang Kristus”  Anda termasuk orang Kristen model Pilatus atau orang Kristen Lee Strobel? AGP

Kekristenan bukan agama yang mati.
Siapa menyelidiki Tuhan Yesus dan percaya kepada-Nya pasti akan mengetahui dan menemukan jalan kehidupan yang bahagia dan kekal.

Pdt. Em. Andreas Gunawan

Pdt. Em. Andreas Gunawan